PERAN TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN

| Selasa, 24 Desember 2013


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.       Latar Belakang
Peran teknologi sangat luas di berbagai sektor kehidupan karena dengan teknologi kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Tetapi seperti sebuah logam yang memiliki dua sisi teknologi pada satu sisi jelas sangat bermanfaat dalam kehidupan namun di sisi lain teknologi dapat membawa dampak negatif. Oleh karena itu, kita harus selektif dan bertanggungjawab dalam menggunakan teknologi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif.
Teknologi juga mempunyani peran yang luar biasa dalam bidang pendidikan. Berbagai perangkat lunak seperti microsoft office atau OpenOffice memudahkan para pelajar dalam negerjakan tugas, seperti laporan praktikum dan artike, juga ketika mempresentasikan tugas di kelas.
Sistem pengajaran berbasi multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara, dan video) mampu membuat penyajian suatu topik bahasan menjadi menarik, tidak monoton dna mudah dicerna. Seorang murid atau mahasiswa dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri dengan menggunakan komputer yang dilengkapi program yang berbasis multimedia. Dengan sentuhan teknologi komputer, berbagai pelajaran yang sering dianggap sulit, seperti fisika ataupun matematika, dapat disajikan dengan cara yang menarik sehingga siswa menyenangi sekaliugus memahaminya dengan lebih mudah. Teknlogoi berbasis flash biasa digunakan untuk keperluan ini. Bahkan yang namanya belajar bahasa asing pun bisa dilakukan dengan menggunakan komputer.
Berbagai program pembelajaran bahasa asing yang dikemas dalam bentuk CD maupun mengevaluasi ucapan pembelajar. Program bisa mengomentari lafal pembelajar, sesuai dengan penutur asli atau tidak. Karean tidak berinteraksi dengan orang lain, seseorang yang sedang belajar bahasa asing tidak merasa malu mengucapkan kata-kata secara salah. Tanpa terasa mereka pun menguasai cara melafalkan kata-kata tersebut.
Agar proses belajar berlangsung menarik, program bisanya memadukan pendidikan dengan hiburan. Konsep ini melahirkan perangkat lunak yang tergolong sebagai edutainment, yang merupakan perpaduan antara education dan entertainement.
Teknologi internet ikut berperan dalam neciptakan e-learning atau pendidikan jarak jauh. Belajar tidak lagi harus dilakukan di kelas, tetapi dari mana saja, sepanjang komputer yang digunakan bisa terhubung ke internet. Bahkan, seseorang bisa kuliah di universitas yang berada di negara lain tanpa harus tinggal di negara bersangkutan.
Berkat internet pula, berbagai buku dalam bentuk digital atau yang diebut sebagai ebook ataupun beragam hasilnya penelitian bisa diperoleh dengan mudah sehingga memudahkan setiap oerang yang bermaksud mencari atau mengembangkan pengetahuan.

1.2.        Rumusan Masalah
Kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif dan menarik dengan adanya suatu media yang mendukung penyerapan informasi sebanyak-banyaknya. Seiring dengan perkembangan jaman sekarang ini maka teknologi sangat berperan penting sebagai sarana untuk menyampaikan pelajaran dan mendapatkan sumber informasi yang berhubungan dengan materi pembelajaran.

1.3.        Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk mengetahui peranan teknologi dalam dunia pendidikan, baik dalam proses belajar mengajar maupun untuk proses pembelajaran siswa untuk menghasilkan peserta didik yang bermutu dan modern. 

BAB II
PEMBAHASAN


2.1  Konsep/Isi
2.1.1   Pengertian Teknologi Pendidikan
Pengertian teknologi dalam pendidikan diabad ke 20 meliputi lentera pertama proyektor slide kemudian radio dan gambar hidup. Sedangkan abad 19 ke bawah samapai 15 teknologi lebih diartikan papan tulis dan buku.
Menurut Prof. Sutomo dan Drs.Sugito, M.Pd: “Teknologi Pendidikan adalah proses yang kompleks yang terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia/pendidikan”. Sedangkan menurut Mackenzie, dkk (1976): “Teknologi pendidikan yaitu suatu usaha untuk mengembangkan alat untuk mencapai atau menemukan solusi permasalahan”.
Jadi Teknologi Pendidikan adalah segala usaha untuk memecahkan masalah pendidikan. Lebih detail dapat diuraikan bahwa:
1.      Teknologi pendidikan lebih dari perangkat keras. Ia terdiri dari desain dan lingkungan yang melibatkan pelajar.
2.      Teknologi dapat juga terdiri segala teknik atau metode yang dapat dipercaya untuk melibatkan pelajaran, strategi belajar kognitif dan keterampilan berfikir kritis.
3.      Belajar teknologi dapat dilingkungan maupun yang melibatkan siswa belajar secara aktif, konstruktif dan kooperatif serta tujuan

2.1.2   Macam-Macam Teknologi Pendidikan
Dalam inovasi pendidikan tidak bisa lepas dengan masalah revolusi metode, kurikulum yanh inovatif, teknologi serta SDM yang kritis untuk bisa menghasilkan daya cipta dan hasil sekolah sebagai bentuk perubahan pendidikan. Sekolah harus mempunyai orientasi bisnis pelanggan yang memiliki daya saing global. Untuk itu ada 5 (lima) teknologi yang dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik yaitu :
1.      Sistem berpikir
Setiap berpikir menjadikan kita untuk lebih hati-hati dengan munculnya tiap metode di dunia pendidikan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya perubahan yang tidak kita inginkan. Tanpa sistem berpikir kita akan sulit untuk mengadakan peningkatan riil di bidang pendidikan. Jadi sistem berpikir menghadirkan konsep sistem yang umum.
2.      Desain sistem
Desain sistem adalah teknologi merancang dan membangin system yang baru. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang cepat yang memungkinkan harapan. Desain sistem memberi kita peralatan untuk menciptakan suatu system yanag baru dan suatu strategi utnuk peubahan.
3.      Kualitas Pengetahuan
Mutu atau kualitas pengetahuan merupakan teknologi yang memproduksi suatu prosuk atau jasa/layanan yang sesuai harapan dan pelanggan. Ilmu pengetahuan yang berkualitas telah menjadi alat yang sangat berharga dalam inovasi pendidikan/sekolah.
4.      Manajemen Perubahan
Manajemen perubahan adalah suatu cara untuk memandu energy kreatif kea rah positif. Dapat juga diartikan system pemikiran yang berlaku untuk aspek manajemen inovasi tentunya dengan berorientasi pada POAC (Perencanaan, Organisasi, Aktualisasi dan Control)
5.      Teknologi Pembelajaran
Disini ada dua bagian yaitu peralatan pelajar elektronik (computer, multimedia, internet dan telekomunikasi) dan pembelajaran yang di desain, metode dan strateginya diperlukan untuk membuat peralatan elektronik yang efektif. Pelajaran elektronik ini mengubah cara mengkomunikasikan belajar. Jadi teknologi pembelajaran adalah system pemikiran yang berlaku untuk insruksi dan belajar.
Kelima teknologi tersebut suatu keterpaduan untuk menuju inovasi pendidikan sehingga dalam pemecahan masalah pendidikan perlu kombinasi peralatan/alat elektronik, orang-orang, proses, manajemen, intelektual untuk perunbahan yang efektif.
Menurut Davies (1972) ada tiga macam-macam teknologi pendidikan yaitu:
a.     Teknologi pendidikan satu yaitu mengarah pada perangkat keras seperti proyektor, laboratium, computer (CD ROM, LCD, TV, Video dan alat elektronik lainnya).  Teknologi kini dapat mengotomatiskan proses belajar mengajar dengan alat yang memancarkan, memperkuat suara, mendistribusikan, merekam dan mereproduksi stimuli materialyang menjangkau pendengar/ siswa dalam jumlah yang besar. Jadi teknologi satu ini efektif dan efisien.
b.     Teknologi pendidkan dua mengacu pada “perangkat lunak” yaitu menekankan pentingnya bantuan kepada pengajaran. Terutama sekali dalam kurikulum, dalam mengembangkan instruksional, metodelogi pengajaran dan evaluasi. Jadi teknologi dua yang sekarang bermanfaat menyediakan keperluan bagaimana merancang yang baru atau memperbarui pada pengalaman, bermanfaat pada pengalaman belajar. Mesin dan mekanisme dipandang sebagai instrument presentasi atau transmisi.
c.     Teknologi ketiga yaitu kombinasi pendekatan dua teknologi yaitu “perangkat keras” dan “perangkat lunak”. Teknologi pendidikan tiga, orientasi utamanya yaitu kea rah pendekatan system dan sebagai alat meningkatkan manfaat dari apa yang ada di sekitar. Teknologi pendidikan tiga dapat dikatakan sebagai pendekatan pemecahan masalah, titik beratnya dalam orientasi diagnostic yang menarik.
Dari ketiga macam teknologi di atas dapat dikatakan bahwa teknologi pendidikan dalam konteks sebenarnya adalah tidak hanya mengacu pada perangkat keras saja seperti yang umum dijadikan persepsi yang benar, namun juga meliputi perangkat lunak dan perpaduan keduanya (perangkat keras dan lunak).

2.2  Dampak
Setiap perkembangan teknologi untuk membangun pendidikan masa depan pasti terdapat dampak-dampak dari perkembangan teknologi tersebut yaitu dampak positif dan dampak negatif. kedua faktor ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan dunia pendidikan.
Namun semua itu tergantung dari diri masing-masing siswa, yang akan membwa alur tersebut menuju ke arah yang mana ke sisi negatif atau positif. Berikut ini adalah dampak positif dan negatif teknologi dalam kemajuan pendidikan.
a.      Positif
Banyak sekali dapak positif yang disebabkan penggunaan Teknologi dalam Dunia Pendidikan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.  Munculnya internet sehingga siswa tidak perlu lagi berputar mencari buku di perpustakaan, karena siswa sudah dapat mencari informasi yang dibutuhkan melalui internet.
2. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
3.   Adanyasistempengolahan data hasilpenilaian yang menggunakanpemamfaatanTeknologi.
4.   Teknologi pendidikan sebagai peralatan untuk mendukung kontruksi pengetahuan:
-       Untuk mewakili gagasan pelajar pemahaman dan kepercayaan.
-       Untuk organisir produksi, multi media sebagai dasar pengetahuan pelajar.
5. Teknologi pendidikan sebagai sarana informasi untuk menyelidiki pengetahuan yang mendukung pelajar :
-       Untuk mengakses informasi yang diperlukan.
-       Untuk perbandingan persektif, kepercayaan dan pandangan dunia.
6.   Teknologi pendidikan sebagai media social untuk mendukung pelajaran dengan berbicara:
-       Untuk berkolaborasi dengan orang lain.
7.   Teknologi pendidikan sebagai mitra intelektual untuk mendukung pelajar.
8.   Teknologi pendidikan dapat meningkatkan efektifitas dan efisien proses belajar mengajar.
9.   Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan/sekolah.
10.   Teknologi pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.

b.      Negatif
Selain memiliki dampak positif Teknologi dalam dunia pendidikan juga memiliki banyak dampak negatif, diantaranya :
1.   Munculnya budaya malas akibat dipermudahnya semua aspek dan timbul kebiasaan untuk menduplikasi karya orang lain atau copy-paste.
2.   Mengubah pola fikir individu, mereka cenderung tidak mau lagi menghafal materi yang diberikan karena kemudahan mengakses informasi yang dapat mereka perloleh dari internet.
3.   Pekerjaan menjadi terbengkalai hal ini dikarenakan teknologi memudahkan individu tidak hanya mengakses informasi mengenai tugas tapi mengakses informasi yang tidak sesuai dengan koridornya.
4.  Dengan adanya teknologi semua orang dengan mudahnya mencari apa yang mereka inginkan, mulai dari informasi bahkan hingga makanan dan minumnya. Perluasan akses yg begitu besar ini juga dimanfaatkan kurang baik bagi sebagian besar individu, khususnya remaja yang memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar, sehingga banyak info yg seharusnya belum diperbolehkan untuk diketahui jadi sangat mudah didapatkan, dampaknya muncul remaja yamg matang sebelum waktunya dan hal yg tabu menjadi umum utk di bicarakan ataupun dilakukan, walaupun hal tersebut melanggar norma-norma agama dan pancasila
5.  Pihak guru yang tidak bisa menoperasikan/menguasai elektronika akan tertinggal oleh siswa.
6.  Teknologi pendidikan memerlukan SDM yang  berkualitas untuk bisa mempercepat inovasi sekolah, sedangkan realita masih kurang.
7.   Teknologi pendidikan yang baik itu hardware maupun software membutuhkan biaya yang mahal.
8.   Keterbatasan sarana prasarana sekolah akan menghambat inovasi pendidikan.
9.   Penggunaag teknologi pendidikan dalam bentuk hardware memerlukan control yang tinggi dari guru atau orang tua terutama internet dan software.
10.   Siswa yang tidak mempunyai motivasi yang tinggi cenderung gagal.

BAB III
KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat diambil dari makalah ini adalah :
Ø  Teknologi Pendidikan adalah segala usaha untuk memecahkan masalah pendidikan terutama pada pengembangan kurikulum.
Ø  Pengembangan kurikulum membutuhkan landasan yang kuat dan didasarkan atas berbagai hal, misalnya landasan filosofis, analisis, psikologis, empiris, politis dan lain sebagainya.
Ø  Pengembangan kurikulum Pendidikan Teknologi untuk siswa di jenjang pendidikan dasar tampaknya merupakan salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah berkaitan dengan pembudayaan teknologi.
Ø  Ada 5 (lima) teknologi yang dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik yaitu : sistem berpikir, desain sistem, kualitas pengetahuan, manajemen perubahan dan teknologi pembelajaran.
Ø  Pendidikan teknologi yang cocok dapat menggunakan pendekatan keempat model konsep pengembangan kurikulum, yaitu : kurikulum subjek akademis, kurikulum humanistic, kurikulum teknologi, kurikulum rekonstruksi social.
Ø  Teknologi pendidikan memiliki manfaat salah satunya sebagai sarana informasi untuk menyelidiki pengetahuan yang mendukung pelajar. Selain terdapat mandak teknologi pendidikan juga memiliki kekurangannya yaitu pihak guru yang tidak bisa menoperasikan/menguasai elektronika akan tertinggal oleh siswa
 



DAFTAR PUSTAKA



http://ilyasismailputrabugis.blogspot.com/2009/11/peran-teknologi-pendidikan.html

educational technology

http ://www.wikipedia.com


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲