Facebook

| Kamis, 12 Desember 2013
BAB I 
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Jejaring sosial, siapa yang tidak pernah mendengar istilah tersebut? Hampir sebagian masyarakat di Indonesia mengenal istilah tersebut karena promosi yang besar-besaran oleh para jasa content serta operator seluler. Jejaring sosial adalah sebuah situs pertemanan di dunia maya, banyak sekali situs jejaring sosial yaitu: Facebook, Twitter, Freindster, 12Frenz, My Space dan lain-lain.
Salah satu situs jejaring sosial yang paling populer adalah Facebook. Menurut alexa.com Facebook adalah jejaring sosial yang menjadi rangking pertama diakses oleh masyarakat Indonesia. Begitu mudah mendapatkan teman di sini, karena teknologi yang ada di dalamnya sangat canggih dan juga ketersediaan berbagai macam bahasa terdapat di Facebook.
Tidak heran jika semakin hari semakin bertambah pengguna Facebook. Hampir setiap orang mempunyai Facebook. Penggunaan Facebook dalam kehidupan sehari-hari mempunyai pengaruh bagi penggunanya, apabila kita tidak cerdas dalam menyikapi situs jejaring sosial ini, bisa-bisa kita kecanduan Facebook, dan layaknya candu, apapun akan kita lakukan agar dapat menggunakan Facebook.
Hal itulah yang melatarbelakangi penulis mengangkat judul Facebook, karena melihat dari kehidupan sehari-hari yang hampir tidak pernah lepas dari perbincangan tentang Facebook, sehingga menurut penulis mengapa tidak Facebook sekali-kali dibahas dalam mempresentasikan karya ilmiah dan sebagai bentuk peduli penulis agar semua pengguna Facebook termasuk penulis sendiri tidak hanya mengenal Facebook sebagai hal yang menyenangkan, tetapi sesuatu yang juga harus diwaspadai.

B.   Rumusan Masalah
  1. Bagaimana asal mula lahirnya Facebook?
  2. Apa sajakah dampak positif dan negatif Facebook?
  3. Bagaimana pertumbuhan Facebook di Indonesia?

C.    Tujuan
Adapun tujuan dari penelitian karya ilmiah ini adalah sebagai berikut
  1. mengenal  asal usul Facebook
  2. apa saja dampak positif dan negatif Facebook
  3. mengetahui proses pertumbuhan Facebook di Indonesia

BAB II 
PEMBAHASAN

A.     Mengenal Facebook
  1. Sejarah ringkas lahirnya Facebook
    Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Harvard, fungsiya sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.
    Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari mahasiswa Harvard telah memiliki akun Facebook. Tidak hanya itu beberapa kampus lain juga dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membatu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu empat bulan setelah diluncurkannya, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
    Dengan kesuksesa tersebut, Zuckerberg dan kedua temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana. Setelah beberapa minggu di Palo Alto, Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker, dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
    Jumlah akun di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan tahun 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tidak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12,7 juta US Dollar dari Accel Pathners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.
    Pada September 2005, Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa, Facebook juga membuka jaringannya untuk siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.

  2. Tampilan Facebook
    Facebook merupakan jejaring sosial yang sering berubah tampilan, Facebook yang kita kenal sekarang berbeda dengan Facebook yang pertama kali dibuat, misalnya dalam masalah fitur dan tampilan desainnya, mungkin itu salah satu strategi mereka dalam menyediakan kebutuhan pengguna dan bertujuan agar pengguna tidak bosan. Silahkan bandingkan tampilan Facebook waktu masih bernama Thefacebook.com .
  3. Bagian-bagian utama Facebook
    1. Beranda/Home
      Di bagian beranda ini terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti membaca semua berita masuk baik itu upload foto, postingan status teman-teman facebooker, dan sebgainya; kita juga bisa mengganti (update) status di beranda ini; men-add teman baru yang mungkin kita kenal; memberikan komentar atau sekedar menyukai status dan foto baru teman; dan lain sebagainya.
    2. Profil
      Profil dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu kanan, tengah, dan kiri. Bagian kanan terdapat tempat iklan; bagian tengah adalah wall (dinding) yaitu tempat yang menampilkan informasi tentang kegitan apa saja yang kita lakukan, postingan status-status kita, dan lain sebagainya; bagian kiri terdapat foto profil, kita bisa menggantinya sesuai keinginan, menyunting informasi data diri, dan menampilkan teman-teman, hasil kuis dan aplikasi yang kita gunakan.
    3. Akun/Account
      Pada bagian ini kita bisa mengedit data pribadi kita. Misalnya kita ingin mengganti password atau alamat e-mail.

B.    Dampak facebook
  1. Dampak Positif Facebook
    1. Mempererat silaturahmi
      Mempererat silaturahmi merupakan salah satu manfaat Facebook yang paling bisa kita rasakan. Kita bisa berhubungan langsung dengan orang-orang terdekat kita meskipun dalam jarak jauh, bahkan dengan Facebook kita bisa menemukan kembali orang-orang yang pernah kita kenal di masa lalu.
    2. Mengetahui potensi diri
      Dalam Facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat. Yang bisa mengasah dan menguji seberapa besar kecerdasan IQ, EQ, dan SQ kita. Namun kita tetap harus waspada karena sebagian kuis yang terdapat di Facebook mengandung unsur-unsur ramalan, dan sudah tentu kita paham bahwa percaya pada ramalan merupakan sebuah kesyirikan, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT.
    3.  Media promosi
      Jelas, Facebook bisa digunakan sebagai media promosi, baik itu mempromosikan media jasa, instansi atau produk rumahan (housemade).
    4. Sarana diskusi
      Di Facebook kita bisa bergabung di berbagai komunitas/grup.
    5. Tempat berbagi cerita (Curahan Hati)
  2. Dampak Negatif Facebook
    1. Adanya waktu yang terbuang sia-sia
      Lebih banyak waktu yang terbuang sia-sia untuk hal yang kurang bermanfaat, biasanya kita lupa waktu ketika sedang asyiknya berfacebook ria. Facebooker yang seperti ini biasa disebut  Sindrom  Facebookholic alias kecanduan.
    2. Boros uang
      Dampak yang satu ini tentu tidak bisa dihindari, apalagi mereka yang online dengan memanfaatkan jasa penyedia jaringan internet dan wireless seperti warnet atau warung/café/restauran yang menyediakan hotspot dan mereka yang memanfaatkan telepon genggam (handphone) untuk berfacebookan. Ini tentu membutuhkan biaya lebih.
    3. Malas belajar
      Facebook memang menyenangkan, tetapi kita tidak boleh melalaikan pekerjaan-pekerjaan yang lainnya, ini berarti secara tidak langsung kita mengalami apa yang namanya pembodohan yang menyenangkan.
    4. Memicu pergaulan bebas tanpa batas
      Kita ketahui bersama bahwa Facebook itu adalah dunia maya, dunia tanpa batas, seseorang bisa menjadi apa saja dan berbuat apa saja. Maka tentunya kita harus mawas diri dengan tetap menjaga pergaulan kita di arah yang positif.

C.    Pertumbuhan Facebook di indonesia
  1. Persentase pengguna Facebook di kalangan mahasiswa UMPAR
    Dari hasil survei kami melalui wawancara sederhana, dengan mahasiswa-mahasiswi kelas 1.A Bahasa Inggris sebagai sampel penelitian kami tepatnya tanggal 14 Desember 2010 memperoleh hasil bahwa peminat Facebook di kelas ini cukup banyak. Jumlah mahasiswa di kelas ini adalah 42 orang, yang memiliki akun Facebook adalah 31 orang (termasuk yang tidak aktif dan yang memiliki lebih dari satu akun Facebook), dan yang tidak memiliki sama sekali ada 11 orang. Jadi persentasi pemilik Facebook di kelas ini adalah 75% dengan perbandingan yang memiliki dan yang tidak memiliki akun Facebook adalah 3:1.
  2. Facebook di Indonesia tahun 2009 dan tahun 2010
    Pengguna Facebook di Indonesia masih di dominasi oleh kaum menengah ke atas yang memiliki akses internet. Kebanyakan dari mereka adalah pelajar, mahasiswa, dosen, pekerja, politisi dan beberapa tokoh-tokoh nasional. Terhitung sampai 22 Februari 1.333.649 pengguna di Indonesia telah terdaftar di Facebook dan sekitar 73% (976.372 orang) di antaranya adalah pengguna usia produktif (18-34 tahun). Dilihat dari gender, 688.306 pengguna laki-laki dan 600.045 pengguna permepuan. (Alfacebook.com;2009).
    Sedangkan menurut sumber lain bulan Nopember tahun 2009 Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna Facebook terbesar ke-7 di dunia. Indonesia dikatakan telah memiliki 11.756.980 pengguna Facebook. Posisi Indonesia satu tingkat di bawah Italia yang memiliki 12.581.060 pengguna dan berada di posisi ke-6. Sementara jika dilihat dari pertumbuhan tiap minggunya, Indonesia juga berhasil masuk 10 besar dalam daftar negara dengan memiliki pertumbuhan pengguna tercepat. Pada perhitungan terakhir misalnya, Indonesia berada di posisi ke-9 tercepat dengan persentase 6,854%. Adapun daftar negara dengan pengguna Facebook terbesar di dunia tahun 2009
    Bulan Desember tahun 2010 diketahui pengguna Facebook di Indonesia mencapai 31,7 juta, tepatnya 31.784.080. Dengan populasi online 100 persen, Indonesia menguasai 5,56 % dari total pengguna Facebook di dunia. Berdasarkan gender, pengguna laki-laki lebih mendominasi di Indonesia, yaitu sekitat 18,7 juta (59,1 %), sedangkan perempuan jumlahnya  sekitar 12,9 juta (40,9%). Data-data tersbut di atas dikutip VIVAnews dari CheckFacebook.

BAB III 
Kesimpulan dan Saran

A.    Kesimpulan
Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang banyak diminati dari segala kalangan. Bukan hanya karena tampilan yang menarik, penggunaannya mudah tetapi juga aplikasi yang ada didalamnya lebih lengkap. Tidak heran jika hampir setiap orang khususnya kalangan remaja memiliki akun Facebook. Sama halnya dengan hal yang lain, Facebook yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg yang bertujuan baik sebagai salah satu sarana komunikasi mudah, malah disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, hal ini yang menyebabkan sebagian kalangan lainnya kontra akan kehadiran Facebook, puncaknya ketika ada isu fatwa haram Facebook.
Facebook selain memiliki dampak positif  juga tentu memiliki dampak yang negatif seperti waktu yang terbuang percuma, malas, boros uang, melalaika tugas yang lain. Jadi sebagai makhluk intelektual hendaklah kita bisa mengendalikan sikap kecanduan atas situs jejaring sosial ini.

B.    Saran
Dalam mengakses atau membuat akun situs jejaring sosial khususnya Facebook ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:
  1. Jangan membuat pesan status yang menjelek-jelekkan orang lain atau institusi.
  2. Jangan menaruh informasi-informasi yang penting seperti nomor telepon di dalamnya, karena dapat memberikan seseorang berbuat jahat dengan informas tersebut.
  3. Jangan terlalu percaya dengan orang yang baru kita kenal.
  4. Untuk orang tua awasi anak anda dalam penggunaan teknologi ini.
  5. Memberikan handphone kepada anak yang tidak ada GPRS-nya atau tidak bisa mengakses internet.

Daftar Pustaka

  1. Adit. 2010. Adit.web.idTM. http://adhit.web.id/. Akses, 10 Nopember 2010.
  2. Tadho. 2010. UG Community. http://fadhlimencobabangkit.wordpress.com/2010/02/25/pro-dan-kontra-situs-jejaring-sosial/. Akses, 16 Maret 2010
  3. Firdaus, Ihsan. 2010. Ilmuku adalah Amalku. http://www.ihsanfirdaus.com/. Akses, November 2010.
  4. Madjie. 2009. Blognya Seorang pemalas. http://mmadjie.blogspot.com/2009/06/dampak-positif-dan-negatif-facebook.html. Akses, 30 Juni 2009.
  5. Candra. 2010. Bontang Kreatif. http://bontangkreatif.blogspot.com/2010/12/indonesia-urutan-ke-2-pengakses.html. Akses, 10 Desember 2010
  6. Harianto, Slamet. 2009.Slamet Harianti MJ. http://slamethari.blogspot.com/2009/06/makalah-jaringan-sosial-internet.html. Akses, 16 Juni 2009
  7. Rhyaria. 2011. Pencari Jati Diri. http://rhyaria.blogspot.com/2011/03/makalah-facebook.html. akses, 13 Desember 2013


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲